Kamis, 07 Januari 2010

Instal IPCOP Versi 1.4.18

Berikut langkah-langkah (Step by step) instalasi IPCop :
Jangan lupa setting bios komputer anda agar bootnya dari CDRom. Setelah booting akan tampil seperti gambar dibawah:



Tekan enter. Berikutnya anda akan diminta memilih bahasa yang akan digunakan, pilih english dan tekan Ok! Setelah itu ada welcome screen lanjutin dengan menekan Ok.


Langkah selanjutnya adalah anda diminta untuk memilih sumber instalasi, maka kita pilih sumbernnya dari CDRom/USB-Key



Setelah klik Ok. IPCop siap di install dan proses instalasi ini ngga terlalu lama, tergantung komputer yang anda gunakan jg.

Jika instalsi ini merupakan fresh instal (baru), pilih lah SKIP untuk proses restore, karena tidak ada yang perlu di restore



Tahap selanjutnya adalah pemilihan network cards atau NIC. IPCop dapat melakukan probe terhadap NIC kita secara otomatis atau dapat kita pilih secara manual. Sebaiknya gunakan NIC yang terregistrasi oleh IPCop untuk mempermudah proses instalsi driver NIC ini.

Klik Probe, maka IPCop akan langsung mencari driver yang sesuai dengan NIC yang anda gunakan.



Setelah ditemukan driver yang sesuai, kita tinggal masukan IP Address & Netmask yang akan kita gunakan. Pada gambar dibawah setting Green Interface digunakan untuk ke LAN.



Setelah selesai, akan tampil screen seperti gambar dibawah ini klik OK.



Setelah Green interface selesai, berikutnya ipcop meminta untuk settingan keyboard mapping pilih defaultnya (us) dan tekan ok.



Berikutnya ipcop meminta setting timezone, seperti gambar dibawah ini.



Berikutnya masukkan hostname untuk pc tersebut, defaultnya adalah ipcop



Selanjutnya adalah memasukan Domain name anda, seperti gambar dibawah ini



Langkah berikutnya adalah ISDN configuration menu, jika kita menggunakan koneksi internet ISDN, kita bisa konfigurasi disini atau jika tidak, bisa kita disable untuk koneksi ISDN ini. Pada step ini saya pilih diasble ISDN.



Berikutnya adalah Network configuration menu. Nah pada menu Network Configuration type tekan enter.



Nah pada gambar dibawah saya memilih GREEN + RED, dimana GREEN adalah Ethernet yang terhubung ke LAN sedangkan RED adalah ethernet yang terhubung ke ISP/Internet.



Pilih ‘Drivers and Card Assignment’ untuk setup interface RED. Pastikan driver untuk interface RED ini sesuai, biasanya dilakukan probe secara otomatis dan akan muncul driver NIC yang belum dialokasikan. Klik OK agar IPCop mencari sendiri driver untuk RED interface.



Langkah berikutnya adalah pilih "Address Settings" dan pilih RED Interface, tekan OK, kemudian IPCOP akan meminta anda memilih interface yang akan di config, pilih RED, dan tekan Ok.

Pada pilihan dibawah terdapat Static, DHCP, PPPOE,PPTP. Bila anda mendapatkan ip publik dari ISP anda, silahkan pilih static kemudian masukkan IP address dan netmasknya, tapi bila IP yang anda dapat adalah dynamic pilih yang DHCP, dan tekan OK.



Langkah selanjutnya sangat bergantung dengan pilihan anda diatas, jika settingnya adalah statitic maka sekarang waktunya set DNS & Gateway Setting. Masukan Primary DNS, Secondary DNS dan gateway dari ISP anda. Selanjutnya tekan Ok!



Langkah berikutnya, kemudian adalah setting DHCP server. Jika IPCop ini akan dijadikan DHCP Server maka pilih enable, masukan Start address, End addrass, Primary DNS dan Secondary DNS. Selanjutnya tekan OK.



Kemudian langkah berikutnya adalah menginput password untuk root, admin dan backup. User root digunakan untuk akses IPCop melalui putty, sedangkan admin untuk mengakses web GUInya. Sedangkan password backup berguna 
untuk membackup ipcop. 
 
Proses instalasi IPCop telah berhasil dilakukan, pc akan booting dan ipcop siap
digunakan.
   
Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-taman yang ingin belajar IPCop.

0 komentar:

Posting Komentar